Mekong River at Night

"Sungai Mekong" nama ini sering kali disebut-sebut dalam pelajaran geografi saat duduk di bangku SMP dan SMA dulu. Sungai ini terkenal di Asia karena panjangnya dan melewati beberapa negara diantaranya Cina, Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja dan Viatnam. Bayangkan betapa jauhnya air mengalir dari hulu ke muara. 

Sungai merupakan bentang alam yang vital dalam kehidupan manusia, bahkan dalam sejarah pun dikatakan bahwa daerah sepanjang aliran sungai adalah salah satu tempat awal peradaban manusia berkembang. Sungai menyediakan kehidupan bagi kehidupan. menyiramkan kesegaran bagi yang kekeringan. Sungai selalu bergerak dan berubah setiap saat.

Pada akhirnya ada kesempatan tak terduga untuk bisa melihat langsung Sungai Mekong yang melalui daratan Kamboja. Lampu-lampu di sepanjang riverside memberikan nuasana indah menegaskan kegagahan Mekong di malam hari. Semelir angin membisikan kabar dari Yunan. Alunan musik dari cafe dan restoran di seberang jalan menemani malam itu. Banyak pedahang kaki lima menjajakan ikan asap yang ditangkap dari sungai.

Mekong Riverside

Namun berhati-hatilah karena bisa saja pencuri menghampiri dan merampas paksa barang yang kita punya. 
Cantiknya riverside juga dikurangi dengan keberadaan para tuna wisma yang memanfaatkan bangku-bangku taman sebagai tempat bermalam. Mungkin suasana riverside di siang hari tidak akan seindah di malam hari karena panas yang menyengat dan sampah yang bertebaran ulah manusia yang kurang bertanggung jawab. 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Caulerpa, Si Anggur Laut (Sea Grape)

30 Hari di Deutschland

How I Told My Foreign Friends about My Hijab