Caulerpa, Si Anggur Laut (Sea Grape)

Pernahkan kalian membayangkan anggur tumbuh di laut???

Caulerpa racemosa, nama ilmiah dari anggur yang hidup di laut. Anggur ini bukan seperti anggur yang biasa kita makan namun bentuknya yang membuat orang menyebutnya seperti anggur laut. Caulerpa racemosa merupakan spesies makroalga dari kelas Chlophyceae. Keseluruhan tubuhnya berbentuk talus artinya tidak memiliki daun, batang, akar yang sejati. Habitat hidupnya di perairan laut dangkal yang masih terjangkau oleh matahari. Biasanya bisa berasosiasi di ekosistem lamun dan terumbu karang.



Di Indonesia anggur laut ini bisa dijadikan sebagai bahan makanan, biasanya penduduk di pulau-pulau kecil menjadikannya sebagai manisan, asinan, atau lalapan. Suku laut Bajo contohnya menjadikan anggur laut ini makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari selain ikan.

Di beberapa perairan seperti California, Australia, dan Mediterania Sea spesies Caulerpa ini menjadi invasive species artinya spesies yang bukan asli dari daerah tersebut. Hal ini bisa mengancam keberadaan spesies asli yang ada di daerah tersebut, mengingat laju pertumbuhan Caulerpa relatif cepat dan efektif menyerap bahan organik yang masuk ke perairan. Di sisi lain, muncul ide untuk memanfaatkan si anggur laut ini sebagai biofilter dalam akuarium. Kemampuan absoprsi yang dimiliki merupakan pilihan tepat untuk menggunakannya dalam menjaga kestabilan kualitas air akuarium. Selain itu bentuknya yang unik menambah indah tampilan akurium.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

30 Hari di Deutschland

How I Told My Foreign Friends about My Hijab